Coding IOS Lebih Cepat Dari Biasanya!

Selamat datang teman – teman, artikel ini merupakan materi sharing dari event KMM Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2020. Selamat membaca 🙂

Jadi, sesuai dengan judul cara coding iOS agar lebih cepat dari biasanya adalah pastinya dengan sudah menyiapkan kode-kode yang mungkin akan dipakai. Dalam software development kita mengenal Library atau Dependency atau Third Party.

Berikut beberapa library yang bisa membantu kita mempercepat proses develoment iOS:

1. Alamofire

Alamofire ini menyiapkan banyak function yang bisa digunakan untuk mempercepat proses development teman – teman. Diantaranya seperti pada dokumentasi diatas, function yang ditawarkan meliputi:

  • URL / JSON Parameter Encoding
  •  Upload File / Data / Stream / MultipartFormData
  •  Download File using Request or Resume Data

Untuk Alamofire yang berfungsi sebagai HTTP Request, secara native Swift sudah memiliki fitur untuk HTTP Request, yaitu URLSession

2. SwiftyJSON

SwiftyJSON digunakan untuk handle JSON result dari method request. Swifty JSON dapat di implement pada variasi library ios seperti Cocoapods, Carthage, dan Swift Package Manager. Seperti pada dokumentasi, function yang bisa digunakan pada SwiftyJSON meliputi Merge JSON, Looping, dan Literal Convertibles.

Untuk SwiftyJSON yang berfungsi sebagai JSON Handling, secara native Swift sudah memiliki fitur serupa yaitu JSONSerialization, yang dapat digunakan sebagai media convert untuk JSON model tujuan.

3. SDWebImage

SDWebImage merupakan library yang dapat digunakan untuk request image secara asyncronous. Penggunaan SDWebImage lebih sering diterapkan pada request image pada link image dari hasil request. Seperti pada Carrousel, Katalog, atau List.

4. MBProgressHUD

MBProgressHUD banyak dipakai untuk menggantikan activity indicator yang sudah ada natively pada Swift. Hal itu dikarenakan MBProgressHUD memiliki banyak varian progress yang interaktif dan deskriptif, akan tetapi masih sesuai dengan Human Interface Guidelines (HIG) Apple.

5. SnapKit

SnapKit merupakan cara ringkas untuk membuat programmatically autolayout pada iOS. Keunggulan yang sangat terlihat adalah keringkasan pada baris kode yang dibutuhkan untuk membuat layout pada satu objek.

Pada Webinar lalu, juga dilakukan live coding untuk pembuatan reusable function untuk generic network request, silakan di cek pada git yang ada dibawah ini

Link Demo Project : https://github.com/NandaMocha/LibraryDemo

Tentunya masih banyak library lain yang dapat digunakan untuk mempercepat iOS Development. Seperti FBLoginSDK, Firebase, dan GoogleLoginSDK.

So, because of that, saya invite teman – teman juga untuk berbagi library yang sering dipakai dengan comment pada artikel ini nama library yang dipakai, link dokumentasi, dan tujuan implementasinya. Hopefully, artikel ini akan bermanfaat bagi developer iOS lain.

Terimakasih all 🙂

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *