Fast Track menjadi Mobile Developer
CategoriesProgramming

Fast Track Jadi Mobile Developer

Halo teman-teman! Terimakasih sudah membuka artikel ini 😊

So, artikel ini saya tulis sebagai media literasi dan dokumentasi dari event webinar yang diadakan oleh Kopertip Indonesia pada tanggal 14 Juni 2020.

Jadi, Bagaimana cara cepat untuk berkarir sebagai Mobile Developer? Sebelum menjawab hal tersebut, saya akan menjelaskan kenapa harus berkarir sebagai Mobile Developer. Saya menghighlight beberapa hal penting yang terdapat pada profesi ini, yaitu:

[SATU]: Trend Statistic

Saat ini total dari perusahaan terdaftar pada sensus ekonomi 2016 berjumlah lebih dari 23 juta perusahaan yang terdiri dari UMK dan UMB. Selain itu juga terjadi pertambahan sekitar lebih dari 2000 perusahaan baru setiap tahunya. Perubahan pola administrasi dan bisnis pada perusahaan juga akan berubah seiring berjalanya waktu. Untuk mengubah pola tersebut Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang banyak.

Untuk memenuhi target tersebut, saat ini pemerintah dan berbagai perusahaan swasta menyelengarakan berbagai program untuk memenuhi kebutuhan mobile programmer di Indonesia. Diantara program tersebut adalah menyelenggarakan bootcamp scholarship, workshop, online course scholarship, dan berbagai program lain. Seperti contoh: Program Digitalent by Kominfo, IDCamp by Indoosat Ooredo, Sholarship Internship by Apple Developer Academy.

[DUA]: Salary

Payscale merangkum beberapa hasil survey terhadap gaji developer, berikut hasil survey untuk rata-rata gaji dari android developer dan iOS developer di Indonesia.

resource: www.payscale.com

Angka tersebut belum menjelaskan angka pasti nilai gaji di seluruh wilayah Indonesia. Teman-teman bisa mengecek lebih detail pada qr code yang telah saya cantumkan atau pada link berikut:

Survey Android Survey iOS

[TIGA]: Interest

Saya pribadi menerapkan konsep Ikigai yang berkaitan dengan beberapa aspek pada hidup. Hal tersebut mendukung saya agar dapat mendalami lebih dalam tentang apa yang saya suka, apa yang saya bisa, apa yang dunia butuhkan, dan apa yang dunia mau membayar untuk mendapatkan hal tersebut.

resource: Ikigai, Hector Gracia and Francesc Miralles

Saya mendapatkan bahwa Mobile Developer menjadi profesi yang menarik saya untuk lebih mendalaminya.

[EMPAT]: Learning Path

Selain beberapa hal diatas, ada juga hal penting yang dapat mempercepat proses kita untuk menjadi Mobile Developer yaitu mengikuti Learning Path atau Roadmap yang dibutuhkan. Dengan memiliki learning path tersebut akan mempermudah dan mempercepat kita untuk mempelajari hal-hal yang dibutuhkan di dunia industri sebagai Mobile Developer.

Berikut saya bagikan learning path yang juga saya gunakan dalam proses saya untuk menjadi Mobile Developer.

LEARNING PATH ANDROID by Ana Coimbra dan Diego Cabral

LEARNING PATH IOS by Bohdan Orlov

[TIPS]

Sebagai developer tentunya kita harus dapat memecahkan sebuah masalah yang kita alami, nah untuk memecahkan masalah tersebut kita memerlukan proses pembelajaran dan best-practice untuk menyelesaikanya. Berikut beberapa tips yang dapat teman-teman terapkan untuk mendukung teman-teman menjadi Mobile Developer:

  1. Be Stackoverflow buddy!
  2. Join Bootcamp or Courses
  3. Find match Community!
  4. Remember, 10.000 hours rules

Berikut saya bagikan beberapa bootcamp dan course yang dapat membantu teman-teman dalam belajar sebagai Mobile Developer:

Jika kalian membutuhkan bantuan untuk belajar menjadi Mobile Developer. Feel free untuk menghubungi saya di @nandamochammad

That's All! See you on the next line!

Published by Nanda Mochammad

 Developer at Algostudio.net && Reach me at any social media with keyword Nanda Mochammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *