Mengolah Intrusion Detection Evaluation Dataset (CICIDS2017) Menggunakan ANN

Bidang keahlian saya sebenarnya adalah jaringan komputer. Namun saat ini saya harus mempelajari Artificial Neural Network (ANN) untuk diimplementasikan dalam jaringan komputer, khususnya dalam Intrusion Detection System (IDS). Awalnya sangat sulit bagi saya untuk mempelajari ANN karena saya sebelumnya tidak memiliki latar belakang sama sekali dalam bidang ini dan tidak ada contoh praktis tentang bagaimana mengolah data jaringan hingga dapat menjadi dataset yang dapat diolah menggunakan ANN.

Setelah belajar sekian lama, sempat mengalami kebuntuan, akhirnya saya berhasil membuat satu program yang sangat sederhana dan jauh dari ideal, namun akan sangat berguna sebagai contoh praktis tentang bagaimana mengolah dataset IDS agar dapat diproses menggunakan ANN.

Dataset yang digunakan dalam contoh ini adalah Intrusion Detection Evaluation Dataset (CICIDS2017) yang dapat Anda akses di https://www.unb.ca/cic/datasets/ids-2017.html. Dataset CICIDS2017 tersedia dalam bentuk pcap atau csv. PCAP data adalah data hasil capture jaringan yang perlu diolah terlebih dahulu untuk diambil feature-nya. Dalam website tersebut telah disediakan dataset dalam bentuk csv yang berisi feature dari hasil pengolahan file pcap.

Dalam contoh ini, yang kita gunakan adalah dataset dalam bentuk csv. Program berikut ini akan mengolah file csv tersebut menggunakan program ANN sederhana.

Gambar 1 berikut ini menunjukkan F1 score masing-masing class dalam dataset CICIDS2017. Walaupun secara umum hasilnya cukup bagus, namun terdapat 2 kelas yang semuanya salah deteksi dan terdapat 4 kelas dengan F1 score di bawah 0.7.

Gambar 1. F1 score masing-masing class dalam dataset CICIDS2017

Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *