CategoriesUI DesignUX Design

Hook model dalam UI

sumber : google images

Sadarkah anda teknologi sudah membentuk kebiasaan kita? Fakta mengatakan bahwa manusia akan mengecek handphonenya selama 15 menit ketika bangun dari tidurnya. Kebiasaan ini  menjadi rutinitas perilaku yang diulang secara teratur dan cenderung terjadi secara tidak sadar.

Hook adalah sebuah upaya untuk menjelaskan interaksi user dengan sebuah produk melalui beberapa tahapan. Hook model ini seperti obat penghilang rasa sakit. Facebook, Instagram, twitter, pinterest merupakan produk yang mengaplikasikan hook model. Dalam bukunya yang berjudul Hooked- how to build the habit — forming products, Nir Eyal menjelaskan ada 4 tahapan siklus hook model, yaitu :

Trigger

Trigger atau pemicu bertujuan mengirimkan isyarat agar user bertindak. Trigger sendiri dibagi menjadi 2 tahap yaitu internal dan eksternal.

Dengan trigger eksternal akan dapat memberitahu user apa yang harus dilakukan selanjutnya dengan cara menempatkan informasi di sekeliling user. Anda dapat menerapkan iklan berbayar, email dan hal lain untuk menerapkan trigger eksternal. Dengan tingginya intensitas user melihat trigger eksternal, maka kepercayaan dan asosiasi terhadap brand perlahan akan mulai terbangun.

Trigger internal berasal dari user sendiri. Pikirkan emosi yang kuat seperti kesepian, kebosanan, stres, ketidakpastian inilah yang menjadi trigger internal. Ketika rasa bosan datang, secara naluriah user akan mengunjungi Instagram, FB dan terhubung dengan teman. Ketika user mulai mengotomasi isyaratnya, kebiasaan baru akan timbul dan kebiasaan ini akan menjadi bagian dari kegiatan rutin.

Action

Ketika trigger sudah muncul maka action akan mendorong motivasi user untuk melakukan hal yang diinginkan. Tujuan action ini sebenarnya adalah menjanjikan hadiah dan mendemonstrasikan cara mendapatkannya. Dalam hal ini, kamu harus membuat aksi yang mudah, simple dan menyenangkan . Misalnya hanya dengan memberikan link dan user mendapatkan hadiahnya.

Hal yang harus anda ingat adalah melakukan sesuatu karena kebiasaan berarti melakukannya tanpa berfikir. Jadi untuk membentuk kebiasaan, tindakan ini harus lebih mudah daripada berfikir.

Reward

Siapa yang tidak menyukai reward? Tentu semua menyukainya. Setelah melakukan action, saatnya anda memberikan reward kepada user. Reward merupakan salah satu trik penting untuk membuat user semakin setia kepada produk anda. bahkan riset mengatakan ketika kita menerima hadiah, dopamin akan meningkat. efeknya juga akan meningkatjika anda dmemberikan reward yang menghibur atau sesuatu yang bermanfaat untuk user. Dengan demikian, imbalan yang akan anda berikan harus bervariasi untuk menghubungkan user kedalam siklus dan tentunya akan membentuk kebiasaan user.

Investment

Ini adalah tahapan akhir dari hook model. Setelah anda memberikan reward kepada user, saatnya anda meminta user untuk melakukan investasi pada produk anda. Investasi ini berupa kombinasi dari waktu, data, usaha, hingga uang. Investasi ini dapat membuat user lebih lengket dengan produk anda. Investasi ini juga biasa digunakan untuk meningkatkan trigger, membuat action, dan memberikan reward yang lebih baik.


Sumber :
www.nirandfar.com
www.youtube.com/@Udacity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *