Swift Package
CategoriesiOSSwift

Membuat Reusable Code dengan Swift Package Manager

Halo brothers & sisters, kali ini saya ingin berbagi ilmu dalam dunia pemograman mobile berbasis iOS, spesifik membahas tentang Swift Package Manager. Dalam tutorial ini kita akan mempelajari beberapa hal sebagai berikut:

  • Definisi Swift Package Manager
  • Mencoba membuat modul Swift Package
  • Mendistribusikan module Swift Package
  • Mengintegrasikan modul Swift Package ke dalam projek iOS

Selamat belajar 👌🏻

Apa itu Swift Package Manager?

Swift Package Manager adalah sebuah tool untuk mengelola distribusi kode Swift. Komponen ini terintegrasi dengan Swift Build System yang mengatur proses downloading, compiling, & linking dependencies. Komponen ini sudah tersedia mulai dari Swift versi 3.0. Namun fitur ini mulai dirilis secara umum di Xcode versi 11.

Swift mengelompokkan kode ke dalam modul-modul. Tiap modul menentukan namespace dan kendali akses atas bagian kode yang bisa digunakan oleh modul lain. Swift Package Manager memungkinkan kita untuk dapat membuat reusable component yang bisa digunakan oleh developer / aplikasi lain. Sebagai contoh, sebuah modul swift package yg menyediakan fungsionalitas untuk membuat network request, dapat diintegrasikan ke aplikasi sharing foto maupun aplikasi perkiraan cuaca.

Suatu Swift Package terdiri dari source files dan manifest files. Manifest file yang disebut dengan Package.swift, menentukan spesifikasi nama dan konten – konten modul. Paket ini dapat memuat beberapa modul target dan atau memiliki ketergantungan / dependency lebih dari 1.

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang Swift Package Manager, silakan klik ke tautan berikut ini:

Membuat Modul SPM

Setelah kita memahami tentang komponen SPM ini, maka selanjutnya kita coba untuk membuat sebuah modul sederhana yang dapat digunakan berulang kali (reusable code) di projek – projek yang sedang kita kembangkan.

Oiya versi Xcode yang digunakan saat ini adalah 14 dengan versi Swift 5.7.

Berikut ini langkah – langkah untuk membuat swift package:

1. Buka Xcode, lalu pilih File > New > Package
Create new package
2. Pilih lokasi direktori, agar simple pilih direktori Desktop, lalu klik tombol create
Directory
3. Berikut ini tampilan window setelah berhasil membuat paket
4. Buat file swift baru dengan klik pada folder AlgoSwiftHelper di Navigator Pane seperti pada gambar, lalu tekan kombinasi tombol Cmd + N
5. Pilih Swift File, lalu beri nama UIHelper
6. Lalu tuliskan kode seperti pada gambar di bawah ini

⌘⌘⌘


Selamat, di tahap ini kamu telah berhasil membuat modul Swift Package sendiri. Selanjutnya paket ini akan kita unggah ke Github, agar dapat diintegrasikan di projek kita.

Mendistribusikan Modul SPM

Kita akan mendistribusikan Swift Package ini dengan melalui Github. Buatlah akun github terlebih dahulu apabila belum punya. Jika sudah, buatlah repository public baru untuk paket swift yang telah kita buat. Silakan menentukan nama repository-nya.

7. Sebelum mengunggah ke github, kita siapkan dlu konfigurasi git untuk modul paket swift ini. Buka terminal dan masuk ke direktori Swict Package tersebut

Step konfigurasi git antara lain sebagai berikut: 

  • git init
  • git checkout -b main
  • git add .
  • git commit -m “Initial commit”
  • git remote add origin <nama repository>
  • git push origin main
8. Pastikan paket swift yang kita buat sudah terunggah di repository github
9. Setelah terunggah, lalu restart Xcode, dan buka kembali workspace paket swift-nya dengan klik 2x pada file Package.swift
10. Buatlah perubahan kode di file UIHelper seperti pada gambar dibawah ini. Lalu commit perubahan tersebut 
11. Buka menu Source Control Navigator, pilih tab Repositories. Setelah itu klik kanan pada nama branch main → lalu pilih tag “main”
12. Ketikkan kode versi “1.0.0” pada kolom Tag, lalu klik create
13. Jika berhasil, maka tag tersebut akan tampil seperti pada gambar di bawah ini
14. Lalu push perubahan tadi dengan cara klik pada menu Source Control → Push…
15. Centang checkbox “Includes tags“, lalu klik Push
16. Apabila berhasil, maka akan tampil seperti pada gambar

⌘⌘⌘

Yeaay… kamu berhasil merilis versi awal dari modul paket swift ini. Selanjutnya kita akan integrasikan modul Swift Package ini kedalam projek iOS. 

Menambahkan Modul SPM ke dalam Projek iOS

Kamu boleh menggunakan existing projek maupun membuat projek baru.

17. Buka projek iOS-nya, lalu pastikan target app terpilih, lalu klik tombol “+” pada section Frameworks, Libraries, and Embedded Content → pilih “Add other” → “Add Package Dependency…”
18. Copy URL address repository Swift Package tadi, lalu paste pada kolom teks search seperti pada gambar. Pastikan value dari select box “Add to Project” adalah projek iOS tersebut. Lalu klik “Add Package”
19. Voila, kamu telah berhasil mengintegrasikan modul Swift Package kedalam projek ini. Modul yang kita tambahkan tadi akan muncul seperti pada gambar berikut
20. Eiitt.. we’re not finished yet.. final step… kita coba import & gunakan kode yg dari modul tadi kedalam projek iOS. Jangan lupa import nama modul swift paket terlebih dahulu sebelum menggunakan methodnya

⌘⌘⌘

Congratulations..!!!  … 🎉👏🏻 …

Kamu telah menyelesaikan tutorial ini, kamu bisa mencoba membuat modul – modul swift yang lainnya dengan kembali mengikuti tutorial ini. Oke terima kasih atas waktunya ya Gaes, Happy Coding, see u on the next tutorial… 

👏🏻💪🏻

Stay foolish & never stop learning, because life never stop teaching .. 👋🏻🙏
⌘⌘⌘

Published by Daniel Swift

Never stop learning, because life never stop teaching 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.